Preface


Let's join together "facebook community", let's share experiences; write all your experiences here, please write in the language of your country. Send to :
datasolusindo@yahoo.co.id
Thanks

To join the "facebook Community" please click the following banner
Photobucket

Setelah sempat tertunda beberapa saat, akhirnya jadi juga blog tentang FACEEBOOK ini.
Ada yang aneh memang tentang blog dan logonya; dalam logo tertulis be a facebook community tetapi kenapa blog ini beralamat http://facebookmembers.blogspot.com/ ?
Karena kalah cepat dalam membuat blog !!! he ... he ... he ...
Ok.
Untuk apa blog ini ?
Blog ini selain sebagai ajang kumpul para facebooker maupun blogger, juga berisi tulisan tentang Facebook dan pernak-perniknya.
Dan bagi para facebookers yang ingin berpartisipasi, baik hanya ingin sekedar say hello dan memperkenalkan diri maupun ingin memberi ulasan/tulisan bisa menghubungi ke alamat email berikut ini :
datasolusindo@yahoo.co.id
Terima kasih.

Followers

Be-fact's Fan Box

Musik

Selasa, 26 Juni 2012

Preview menjelang Grand Final Indonesian Idol 2012



- Penggemar musik Indonesia sekarang sudah obyektif (?)
.
.
Pikiran dan perasaan saya galau saat diumumkan pemenang IMB tahun 2010 dimana Putri Ayu yang punya bakat dan talenta yang cukup menjanjikan dan bisa dikembangkan secara maksimal kedepan tidak menjadi pemenangnya.
Tanpa mengecilkan arti eksistensi Grup klanting yang bagi saya pribadi performanya cukup Apik dan sangat menghibur, saya sedikit merasakan kekurang “sreg” kan saya atas terpilihnya Klanting dan bukan Putri Ayu. Sebagaimana saya katakan diawal Klanting cukup apik performanya dan sanagat menghibur bila ditampilkan dalam sebuah pertunjukkan panggung; namun bagi saya itu tidak cukup, apalagi ada bakat dan potensi lain yang menjadi kompetitornya saat itu yaitu Putri Ayu yang juga ikut dalam ajang tersebut. Dan sesuai judulnya Indonesia Mencari Bakat, maka boleh dikatakan bakat bagi saya adalah sesuatu yang terpendam dan bisa diasah lagi kedepan dan  dalam jangka waktu yang lama; dalam artian yang dicari adalah sosok-sosok muda yang bertalenta yang itu juga akhirnya bisa terbukti hingga saat ini bahwa sosok Putri Ayu justru masih bisa eksis sampai sekarang!
Untuk tulisan lengkapnya tentang FenomenaKlanting dan Putri Ayu bisa Anda baca pada tulisan terdahulu saya di link ini.
.
 .

Sekarang mari kita menengok ajang yang barangkali bisa di kategorikan hampir sama dengan hal diatas yang “kelihatannya” ajang ini justru yang mengilhami diadakannya ajang IMB; yaitu Indonesian Idol.
Terus terang saja dalam beberapa episode saya tidak begitu memperhatikan ajang Indonesian Idol ini secara seksama kecuali pada Indonesian Idol yang digelar pertama kali. Dan apabila pada ajang Indonesian Idol kali ini saya “lumayan” mencermati tahap demi tahap, saya sendiri sebenarnya juga tidak menyadarinya, barangkali saya bisa menyimak secara seksama karena kebetulan untuk saat ini ada waktu luang disaat ada tayangan tersebut.
Sebelum melanjutkan lebih jauh lagi tentang apa kesan dan kesimpulan saya pada ajang Indonesian Idol kali ini, apakah sama dengan kesimpulan saya dengan ajang IMB rasanya akan lebih komplit lagi kalau saya sajikan terlebih dahulu preview 4 besar Indonesian Idol.
.
Yoda
.
Jujur saya sebagai orang yang awam dalam musik, sangat merasakan spirit rock dan sangat terhibur saat Yoda melantunkan lagu-lagu dengan irama cadas; terutama saat pria yang dengan penampilan dan gayanya sangat nyentrik, dengan ciri khas rambut keritingnya ala "slash GNR", ditambah dengan kualitas suara yang khas ngerock. membawakan lagunya Metalica.
Namun seperti kata para dewan juri, itu belum cukup, bukan hanya sekedar bagus dan menghibur saja melainkan juga harus punya nilai lebih sehingga sangatlah pantas bila Yoda yang terlahir dengan nama lengkap Prattyoda Bhayangkara (Dipanggil Oda), lahir di Kebumen, 9 Februari 1987 dan tinggal di Jl. HM. Sarbini 76, Prumpung, Kebumen serta berlatar belaakang Pendidikan di ISI Yogyakarta (2005) dan mempunyai Musisi Favorit : John Mayer, Steven Tyler, Jim Morrison tersebut
tersisih dan dua kompetitor lainnya yaitu Regina dan Sean yang melenggang ke babak Grand Final; dan justru saya berpendapat bahwa sebenarnya saya lebih cenderung untuk memilih Dion di babak 3 besar daripada Yoda, meski disisi lain sebenarnya saya tidak suka aliran musik Dion; alasan kecenderungan saya adalah bahwa meski saya sangat terhibur ketika melihat penampilan Yoda, namun penampilan Yoda kadang berlepotan karena lupa lirik dan bahkan sering juga selip pada beberapa nada. Dan juga seperti yang dikatakan salah satu juri bahwa penilaiannya bukan hanya pada satu lagu atau satu tampilan saja melainkan rangkian perjalanan dari satu babak ke babak selanjutnya dan menjadi satu rangkuman yang berkesinamabungan!
.

Dion
.
Terus terang saya tidak suka aliran musik yang dibawakan Dion, tapi saya selalu suka style dan penampilan Dion yang sangan exotic!
.
Dan gambaran seorang Dion bagi saya adalah juga seperti gambaran yang pernah diuraikan oleh seorang penulis blog yang kurang lebih adalah seperti berikut :
Pemuda asal Purwokerto yang lahir di Temanggung, 30 April 1986 dengan nama lengkap Dionsius Agung Subagyo, atau yang biasa dipanggil Dion ini bekerja sebagai supir rental mobil sebelum masuk ke Indonesian Idol 2012. Dengan karakter vokal yang unik didukung dengan penampilannya yang menarik membuat Dion menarik banyak perhatian.

Disetiap penampilannya di Indonesian Idol, Dion selalu membawakan lagunya dengan caranya sendiri, membuatnya berbeda dengan kontestan yang lain. Dion selalu memberikan kejutan pada saat tampil di panggung seperti ketika ia menyanyikan lagu I Love U Bibeh milik Band The Changcuters, ia sempat menyisipkan potongan lagu Baby - Justin Bieber di tengah performanya. Selain itu saat ia menyanyi Lagu Viva La Vida, Dion sempat melepas jasnya dan memakai kupluk. Itulah Dion Idol..

Regina sendiri, salah satu kontestan yang masuk Grand final sempat mengatakan tetap melihat sosok Dion yang unik dan mempunyai karakter yang berbeda dari kontestan lainn
"Dion punya kualitas dan tergolong orang yang unik. Bisa dibilang warnanya jarang untuk di Indonesia sendiri," ucapnya.
.
So, itulah alasan mengapa saya lebih cenderung menilai bahwa Dion sebenarnya sangat pantas berada dibabak 3 besar dan bukan Yoda!

.
Regina
.
Regina dengan nama panjang Regina Ivanova yang  sejak awal memang sudah memukau juri memang sangat fenomenal!
Betapa tidak kontestan dengan usia 27 tahun ini bahkan sempat membuat salah satu juri Indonesian Idol Ahmad Dhani yang terkenal  angkuh itu, bisa  sampai menangis.
.
Yach, barangkali  berdasarkan pengalamannya sudah pernah mengikuti audisi Indonesian Idol sebanyak enam kali dan berlatar belakang sebagai penyanyi cafĂ© itulah Regina bisa eksis dari satu babak ke babak berikutnya dengan catatan hampir selalu sempurna!
Sehingga sangatlah mungkin bila saya mempunyai prediksi bahwa dia adalah pemenangnya! Meski dalam hati saya cenderung menjagokan Sean sebagai pemenangnya, kenapa demikian ? Simak saja preview dan sedikit alasan atau argumentasi saya untuk peserta yang satu ini yaitu :
.
SEAN!
.
Ketika nama Sean masuk final Indonesian Idol, orangtua Sean, Yoce D. Mattews dan Henny Napitupu bahagia dan bangga luar biasa. Yoce dan Henny bangga dengan Sean yang ia didik untuk menjadi anak yang kuat.

Yoce dan Henny pun mengatakan, masuknya Sean ke final adalah semata-berkat kerja keras Sean sendiri, selain dukungan Tuhan dan rakyat Indonesia.

Yoce menegaskan, ia sama sekali tak mengerahkan tim sukses untuk memenangkan Sean di Indonesian Idol.

"Saya tidak pernah mengerahkan tim sukses. Tapi orang-orang percaya saya. Ketika Sean dikeluarkan (kemudian diberi hak veto oleh juri), banyak yang bilang nggak adil. Dari Sumatera sampai Bali, mereka bikin dukungan sendiri. Kami nggak punya duit (membuat tim sukses), itu amazing," kata Yoce bersama Henny usai Indonesian Idol, Sabtu (23/6) malam.

"Dari kecil kami memang mendidik Sean bekerja keras. Kami keluarga miskin, yang tidak punya apa-apa. Saya tidak bisa kasih duit banyak buat Sean, saya hanya bisa memberikannya pendidikan," ujar Yoce. [mor]



Itulah sekilas ungkapan dua orang tua Sean atas keberhasilan Sean atau Kamasean Y. Matthews yang lahir pada tanggal 30 Juni 1995.
Begitu juga ketika dewan juri memberikan penilaiannya sebagai berikut :

ANANG HERMANSYAH

“ "Makanya ini kalau sampai yang di rumah tidak bisa mendengarkan dengan kupingnya ini susah. Bahwa kamu barusan menyanyikan lagu itu aku tahu. Lagu ini lagunya Aurel. Aku tahu dia suka banget sama lagu ini. Tapi aku melihat kamu menyanyikan lagu ini bagus banget kmu nyanyikan lagu ini. Aku dengerin banget. Sama sekali enggak ada kesalahan. Dan kamu megang gitar. Kamu bisa main gitar, bisa main piano?" ”

AHMAD DHANI

“ "Sejak kehadiran kamu di Indonesian Idol ini. Indonesian Idol itu namanya semakin bergengsi. Terus terang acara Indonesian Idol menjadi acara nomor satu di Indonesia. Itu terus terang bukan karena saya. Ini karena orang-orang seperti kamu, Regina itu bisa memberikan sebuah quality sebuah acara musik. Tapi reality show dan saya rasa mudah-mudah seperti saya bilang minggu lalu. Kamu akan selalu menjadi idola anak muda masa kini." ”

AGNES MONICA

“ "Sebenernya yang diomongin sama om Dhani ini. Ada yang saya setuju, ada yang enggak. Karena gini Sean. Untuk ukuran penyanyi seperti kamu. Lagu yang memang sudah luar biasa saja bisa kamu jadikan lebih luar biasa lagi. Nah, artinya. Kalau kamu sampai dikasih lagu yang biasa sebenarnya kamu bisa untuk luar biasa. Artinya kita jadi penyanyi jangan selalu dimanjakan oleh lagu yang luar biasa. Karena lagu luar biasa penyanyi biasa pun bisa jadikan lagu itu luar biasa. Tapi sekarang tergantung sama skills dan pe ”

Nah, apalagi yang harus saya katakana tentang Sean ?
Tapi paling tidak ada beberapa hal bila saya memutuskan untuk memilih sebagai pemenang Indonesian Idol 2012, diantaranya adalah :
-         Vote Juri adalah menjadi catatan tersendiri bahwa kwalitas Sean benar-benar sudah”mumpuni”
-         Bisa bernyanyi sambil memainkan alat musik baik gitar maupun piano.
-         Dia masih sangat muda!
Ya ! di usia tersebut dia sudah luar biasa, apalagi bila ditempa dengan berbagai pengalaman lainnya seperti juga layaknya pengalaman Regina yang sudah pernah mengikuti Indonesian Idol sebanyak 5 kali.
Andai ajang Indonesian Idol ini boleh saya perlebar artiannya dengan ajang pencarian bakat (terus terang bukan pemaksaan pikiran saya loh ini ), maka seperti yang telah saya uraikan pada tulisan saya paling awal sebagaimana Putri Ayu yang telah merepresantasikan sebagai anak muda mempunyai bakat dan talenta yang bisa diasah dan diharap bertahan dalam jangka waktu yang lama, maka begitu pulalah pikiran saya pada Sean.
.
Wah, jadi sedikit berpihak juga ya he he ..(maaf)
Dari pada semakin ngelantur maka untuk ulasan Sean saya sudahi saja hanya saja yang terlebih penting dari itu adalah bahwa terlepas siapa yang menang bagi saya tidak ada masalah, karena menurut saya kemenangan siapapun adalah tetap kemenangan musik Indonesia!
.
Kalau begitu, lalu apa kesimpulan dari hasil prewiew diatas ?
Merujuk apa yang dikatakan oleh Ari Laso saat berbicara di atas panggung Indonesian Idol bahwa Indonesian Idol kali ini adalah Indonesian Idol terbaik yang pernah diselenggarakan dan barangkali belum bisa terulang dalam empat atau lima tahun mendatang, maka saya juga setuju dalam satu hal; bahwa Indonesian Idol kali ini memang Indonesian Idol terbaik sejak dari awal diadakan, dan mengenai kemungkinan bertahannya hingga 4 atau 5 tahun kedepan barangkali bisa terjadi walaupun saya berharap itu tidak akan terjadi, sebab bila hal tersebut terjadi berarti itu adalah sebuah kemandekan dunia musik Indonesia!
Namun bila kesimpulan dari Ari Laso diatas jadi rujukan tentang apakah penonton atau penggemar musik Indonesia sekarang sudah obyektif, saya tidak ragu lagi akan mengatakan ya, meskipun dengan beberapa catatan salah satu diantaranya adalah bahwa hal tersebut secara sadar atau tak sadar juga telah “digiring” oleh “opini positif” komentar dan penilaian para dewan juri.
So, sekali lagi saya katakan, siapapun yang menang adalah kemenangan musik Indonesia, kemenangan “penggemar” musik Indonesia!
Dan ini yang membuat kegalauan saya diatas sudah sedikit terobati …

Sebagai penutup, mari kita tunggu dan nikmati Grand final Indonesian Idol  dengan jangan lupa tetap obyektif dalam memberikan penilaian!

.
Selamat untuk kemajuan (penggemar) Musik Indonesia!
.
.
Catatan :
Berikut ini adalah daftar nama 12 besar kontestan Indonesian Idol 2012 yang berhasil lolos masuk ke babak spektakuler : * Regina (kontestan yang lolos dari hasil sms terbanyak) * Yoda (kontestan yang lolos dari hasil sms terbanyak) * Dera (kontestan yang lolos berdasarkan hasil sms terbanyak) * Dion (kontestan yang lolos berdasarkan hasil polling sms terbanyak) * Rio (kontestan yang lolos berdasarkan hasil polling sms terbanyak) * Sean (kontestan yang lolos berdasarkan hasil keputusan dewan juri) * Belinda (kontestan yang lolos berdasarkan hasil keputusan dewan juri) * Ivan (kontestan yang lolos berdasarkan hasil keputusan dewan juri) * Shandy (kontestan yang lolos berdasarkan hasil keputusan dewan juri) * Khanza (kontestan yang lolos berdasarkan hasil keputusan dewan juri) * Febri (kontestan yang lolos berdasarkan hasil keputusan dewan juri) * Rosa (kontestan yang lolos berdasarkan hasil keputusan dewan juri)

http://www.slidegossip.com/2012/04/12-besar-kontestan-idol-yang-lolos.html

Komentar :

ada 0 komentar ke “Preview menjelang Grand Final Indonesian Idol 2012”
 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra