Preface


Let's join together "facebook community", let's share experiences; write all your experiences here, please write in the language of your country. Send to :
datasolusindo@yahoo.co.id
Thanks

To join the "facebook Community" please click the following banner
Photobucket

Setelah sempat tertunda beberapa saat, akhirnya jadi juga blog tentang FACEEBOOK ini.
Ada yang aneh memang tentang blog dan logonya; dalam logo tertulis be a facebook community tetapi kenapa blog ini beralamat http://facebookmembers.blogspot.com/ ?
Karena kalah cepat dalam membuat blog !!! he ... he ... he ...
Ok.
Untuk apa blog ini ?
Blog ini selain sebagai ajang kumpul para facebooker maupun blogger, juga berisi tulisan tentang Facebook dan pernak-perniknya.
Dan bagi para facebookers yang ingin berpartisipasi, baik hanya ingin sekedar say hello dan memperkenalkan diri maupun ingin memberi ulasan/tulisan bisa menghubungi ke alamat email berikut ini :
datasolusindo@yahoo.co.id
Terima kasih.

Followers

Be-fact's Fan Box

Musik

Rabu, 16 Desember 2009

Facebook dan Dunia Tanpa Batas


Pada saat ini pola hubungan antar manusia tidak lagi tergantung pada pola interaksi langsung atau pola tatap muka tetapi dapat juga berlangsung dengan pola-pola hubungan jarak jauh yang difasilitasi dengan begitu baiknya oleh teknologi. Salah satu contoh yang paling menarik menurut penulis adalah kasus Facebook. Menarik untuk melihat bagaimana Facebook dapat begitu memiliki signifikansi dalam menghubungkan manusia dalam berbagai negara, tempat dan zona waktu. Tidak hanya menghubungkan tetapi Facebook juga dimanfaatkan untuk berbagi hal lainnya. Mari kita kulik lebih lanjut...
Facebook adalah sebuah layanan jaringan sosial dunia maya yang menghubungkan berbagai orang di seluruh dunia. Tampilan dari Facebook adalah sebuah wall yang dapat diisi dengan postingan dari orang lain yang telah menjadi teman kita. Wall itu akan menjadi sumber dari informasi pimer kita dimana akan menjelaskan berita terbaru apa saja yang dituliskan oleh orang lain. Tidak hanya tulisan singkat saja yang dapat dimasukkan oleh orang lain tetapi juga tulisan panjang (paper, makalah), foto, dan video. Kita dapat menggunakan facebook sebagai media bertukar informasi. Yang menarik adalah Facebook tidak hanya digunakan sebagai ajang pertukaran biasa saja. Beberapa aktivitas sosial yang dapat dilakukan dalam facebook adalah : 1. Propaganda isu, 2. Kampanye politik, 3. Pembentukan komunitas, 4. Membangun jaringan, 5. Mencari teman-teman lama, dll.
Propaganda isu, dimana adanya sebuah isu yang dapat dibangun melalui pemblow-up an secara terus menerus. Sebagai contoh isu invasi Israel terhadapPalestina mendapat reaksi yang kuat di komunitas di Facebook. Bermunculannya kelompok-kelompok penentang Israel, pendukung kemerdekaan Palestina, pemboikotan produk-produk Israel. Ajakan untuk mengikuti kelompok ini tersebar dan disebarkan ke banyak pengguna Facebook. Sehingga pernah ada momentum minggu Palestina di wall-wall yang terdapat di Facebook.
Kampanye Politik, contoh paling berhasil dalam penggunaan Facebook sebagai alat kampanye politik adalah Presiden terpilih Amerika Serikat, Barrack Obama, yang memiliki teman di Facebook yang berjumlah ribuan. Obama dapat menarik hati kalangan pemilih muda melalui Facebook ini. Segala informasi mengenai Obama dapat dengan mudah diakses selain itu para pemilih dapat secara langsung berinteraksi dengan Obama baik menulis melalui wall ataupun melalui chatting secara langsung apabila Obama masih terhubung dengan Facebook atau online. Bayangkan bagaimana Facebook dapat menghilangkan batas dan hambatan untuk berkomunikasi dengan tokoh seperti Obama. Sebuah implementasi yang sulit diwujudkan dalam dunia nyata bukan?
Pembentukan komunitas, Facebook mempertemukan orang-orang yang memiliki kesamaan interest atau ketertarikan. Kita dapat menemukan beragam komunitas disini, mulai dari pecinta tulisan, penikmat kopi, penggemar desain grafis, fans dari grup musik tertentu, fans dari klub sepakbola dll. Beragam komunitas itu terbentuk dan saling bertukar informasi melalui facebook. Selain itu komunitas juga mempublikasikan event-event terdekat dan melakukan rekrutmen di sini. Yang menarik adalah kita tidak terbatasi oleh jarak dan waktu. Komunitas yang ada bisa bersifat internasional dengan anggota yang tersebar dari berbagai negara. Satu lagi kemudahan yang tidak terbayangkan dari jejaring sosial dunia maya ini.
Membangun jaringan, Banyaknya para tokoh dan figur publik yang tergabung dalam Facebook juga salah satu manfaat yang digunakan oleh banyak pengguna. Tokoh-tokoh nasional Indonesia seperti Hidayat Nur Wahid, Eep Saefullah Fatah, Butet Kertaradjasa dan beberapa tokoh lainnya juga menjadi pengguna Facebook. Para pengguna dapat berinteraksi langsung dengan para tokoh, memberikan dukungan terhadap aktivitas suatu tokoh atau berdialog mengenai sikap tokoh atas sesuatu hal. Pengguna sekali lagi dapat berinteraksi dengan tokoh dimana dalam dunia nyata para pengguana belum tentu dapat bertemu langsung dengan tokoh. Bayangkan tersedianya sebuah ruang maya yang dapat memudahkan interaksi dan menghilangkan batas-batas sosial antara kelas sosial. Sebuah terobosan dalam metode interaksi sosial...
Mencari teman-teman lama, kegunaan yang satu ini dapat digunakan karena luasnya jaringan pengguna facebook. Penulis merasakan sendiri manfaat yang satu ini, dimana penulis dapat bertemu kembali dengan teman-teman SD yang sudah 8 tahun tidak bertemu. Pada awalnya penulis hanya bertemu dengan satu orang teman SD tetapi akhirnya dibentuk grup SD Muhammadiyah Angkatan 1999-2000. Sekarang 55 orang telah terdaftar sebagai anggota grup dari sekitar 120 orang teman seangkatan di SD. Kemudian rencananya akan diadakan reuni SD pada 6 Februari 2009 di Jakarta, bayangkan komunikasi hanya dilakukan sebuah ruang maya tetapi dapat melakukan koordinasi yang menghubungkan 50-an orang. Luar biasa! Di grup itu pun dimasukkan foto-foto kenangan dari SD, foto yang penulis belum pernah lihat sebelumnya...
Melihat dari berbagai manfaat tadi, Facebook tidak hanya menjadi ajang sosialita semata. Facebook dapat digunakan lebih luas dari itu. Kita dapat memanfaatkan dan mengoptimalkan facebook dengan berbagi manfaat yang ada. Ke depannya mungkin pola interaksi sosial dapat berubah dari interaksi tatap muka menjadi interaksi dunia maya, seperti Facebook. Pola komunikasi yang terjadi adalah simulasi-simulasi realitas atau disebut juga simulakra. Dalam dunia simulasi ini ruang dan waktu seakan-akan dilipat. Dengan kondisi ini jarak antar negara, perbedaan zona waktu bukanlah menjadi masalah. Dunia facebook meneydiakan perpindahan informasi secara massif dan penyebaran ke banyak titik, jika dimanfaatkan secara optimal facebook ini akan menjadi sebuah media perantara yang sangat luar biasa. Sudah saatnya kita mengubah paradigma dan mengikuti arah zaman untuk ikut memanfaatkan media ini...

Komentar :

ada 0 komentar ke “Facebook dan Dunia Tanpa Batas”
 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra